Tautan Emosi dan Pikiranku

Miskin Pupularitas Bukanlah Bencana

Setelah sempat absen beberapa bulan dari aktifitas blogging, akhirnya hari ini saya mendapatkan spirit baru untuk ngeblog.

Singkat cerita, sekitar tujuh bulan lalu blog saya mengalami downs dan tidak bisa diakses lagi hingga sekarang. Saya memaklumi karena domain dan hosting yang saya pakai kebetulan gratisan. Tetapi yang menjadikan saya kecewa adalah semua data dan tulisan yang saya upload menjadi hilang musnah tiada bersisa, kasihan. Ya nggak lah karena back up data sebenarnya masih ada, akan tetapi untuk mengupload kembali semua ke internet menjadi sedikit malas. Dari awal saya memang berniat menguji kredibilitas sebuah hosting gratisan yang katanya terkenal itu, dan ternyata hasilnya mengecewakan.

Kasusnya adalah muncul sebuah peringatan dari pihak hosting yang berada tepat pada header, setelah itu selang beberapa hari situs sama sekali tidak dapat diakses.

Berlagak menjadi “pejuang”, saya tetap berusaha menginstal kembali script wordpress yang sebelumnya memang mendiami mesin blog saya. Ternyata kejadian berulang lagi. Setelah sekitar lima bulan situs kembali tidak dapat diakses, dan itu berjalan hingga sekarang. Akhirnya sikap pejuang saya mulai kendur dan saya kubur dalam-dalam.

Sejak saat itu saya malas ngeblog lagi.

Tapi selalu ada pelajaran dari kasus yang saya alami. Pertama, kita jangan terlalu percaya dengan hosting gratisan kecuali yang sekaligus menyediakan sub domainnya seperti wordpress.com atau blogspot.com.

Kedua, untuk memulai ngeblog, kita tidak perlu memaksakan diri memiliki domain yang bagus walau itu gratis sekalipun.

Ketiga, selalu back up data, baik tulisan atau file-file lainnya sehingga kita masih punya salinan data yang sewaktu-waktu bisa kita posting kembali.

Akhir dari cerita diatas, sekarang saya mulai mendapatkan spirit baru untuk ngeblog dan mulai bisa menikmati rasa nyamannya ngeblog di wordpress.com walaupun dengan segala keterbatasannya. Walaupun gratis, situs ini cukup terpercaya dan sangat populer.

Ada cerita sedikit, sekitar setahun lalu saya sempat membeli dua domain dari salah satu penyedia hosting di Indonesia yaitu vivaborneo.com dan yang satu rahasia lah 🙂 dan sampai sekarang belum mengecewakan.

Kedua situs saya instal dengan script wordpress dan keduanya saya peruntukkan untuk tujuan komersial dan selama satu tahun belum mengalami hambatan berarti.

Cakkamal.wordpress.com bukanlah situs populer seperti priyadi.net atau detik.com (halah mimpi…) tapi ini bukanlah hambatan untuk terus ngeblog. Entahlah bagi saya, blog adalah sarana yang tepat untuk mengekspresikan segala kegundahan, kegelisahan atau bahkan sekedar menyampaikan uneg-uneg tanpa arti.

Selamat ngeblog !!

Leave a Reply

