Tautan Emosi dan Pikiranku

Butuh Penyegaran

gadis sawah

Duduk di pinggir sawah. sumber : Jai (Org Johor) http://www.flickr.com/photos/suzailan

Sudah lama saya tidak mengunjungi toko buku sejak tiga tahun yang lalu. Sebenarnya pingin sekali menyambangi salah satu tempat favorit saya tersebut walaupun sesampainya disana hanya buka-buka buku lalu pulang, becanda deng, maksudnya melihat lihat banyak buku tapi yang dibeli hanya satu. Tapi untuk saat ini waktunya sangat tidak memungkinkan karena terbentur dengan pekerjaan yang tidak ada habisnya. Bukan sok sibuk lho, :).

Dulu ketika masih di Jombang, saya selalu menyempatkan diri mengunjungi perpustakaan yang paling mendamaikan di dunia (wah, berlebihan) yaitu perpustakaan tebuireng. Ada apa di perpustakaan tebuireng ? tentu saja ada buku, ada teman, juga ada kedamaian. Walaupun sesampainya di perpustakaan paling yang dibaca cuma bacaan-bacaan ringan atau majalah, selebihnya cuma ngobrol sama penunggu perpus; Rondi, Tamrin dan Cak latif alvalima. Tapi intinya saya suka sekali membaca, karena membaca itu laksana pak tani yang menyiangi rumput di pagi hari ketika matahari masih berwarna merah. (nyambung nggak ya).

Bagi saya buku adalah suatu karya luar biasa dari seseorang yang menulisnya. Buku adalah cerminan dari si penulis. Yang membuat buku menjadi luar biasa adalah kadang untuk menulisnya dibutuhkan pengalaman dan waktu bertahun-tahun hingga terciptalah sebuah buku. Itulah kenapa saya sangat suka dengan buku, bukan karena hanya ilmu yang terkandung didalamnya, tapi juga karena rasa hormat terhadap penulis yang mau membagikan ilmu dan atau pengalamannya, terlepas dari unsur komersil ataupun tidak. Buku tetap sesuatu yang berharga.

Kok jadi ngelantur membicarakan masalah buku. Nggak apa-apa lah. Toh masih ada hubungannya dengan pak tani yang sedang menyiangi rumput di sawah, :).

Pepatah mengatakan : “pengalaman adalah guru paling berharga di dunia ini“. Apa hubungannya dengan buku ?

Saya dan anda tidak mungkin mendapatkan semua apa yang dialami oleh orang lain, maka dengan cara membaca buku lah kadang kita bisa belajar dari pengalaman orang lain, wah, mulai nyambung nih.

Lalu mengapa saya menulis judul diatas dengan kata “penyegaran” ?

Ini hanya tentang hoby dan kesenangan. Jika anda sedang menjalani sebuah hobi setelah penatnya menjalani rutinitas dalam pekerjaan atau sedang stress, maka pikiran anda pasti akan merasa fresh dan kembali segar, kenapa, karena didalam tubuh ini ada dua benda yang menjadi inti dari jiwa kita, yaitu hati dan otak. Hati sebagai organ yang menyimpan segala perasaan (kalut, senang, rindu, merasa bersalah dan lain sebagainya). sedangkan otak sebagai organ yang menyimpan aktifitas berfikir (meberi pertimbangan, mengingat, menganalisa dan lain sebagainya). Keduanya harus sesekali di istirahatkan dengan cara melakukan aktifitas yang tidak banyak mengandung tekanan. Cara saya pribadi adalah dengan melakukan kegiatan yang berhubungan dengan hobi atau kesenangan.

332736229_931dd2c60e_o

Memupuk padi di sawah. Sumber : http://suhairishafie.fotopages.com/

So..! yang ingin saya lakukan saat ini ada dua, yaitu membaca buku di sawah yang padinya baru mengeluarkan buah di atas gubug sambil melihat para petani yang sedang bekerja di sawah miliknya sendiri-sendiri. Sesekali mengusir burung pipit yang mencoba memakan padi dengan ketapel buatan saya sendiri. Jadi ingat waktu kecil, pagi-pagi matahari baru terbit sudah genjot sepeda berpacu dengan burung pipit demi mempertahankan wilayah penghidupan (sawah). Anehnya saya selalu kalah dengan burung pipit yang kecil mungil itu.

———-

catatan:
Walaupun tulisan diatas  terkesan tidak jelas arahnya tapi paling tidak pesan moralnya adalah : seberapapun jauhnya anda melangkahkan kaki diatas bumi ini, tetap yang membuat anda merasa bahagia dan damai adalah tanah dimana anda dilahirkan.
Advertisements

2 responses

  1. Cak Kamal, Ayo diisi wordpressnya…?
    terus berkreasi, tulis apa adanya, itulah bukti berkarya.
    Kalau ada yang bilang jelek, pasti orang sirik, oke..?

    December 27, 2009 at 7:43 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s