Tautan Emosi dan Pikiranku

LIFESTRAW, Sedotan Air Penyelamat Kehidupan

face_lifestrawLifeStraw adalah sebuah sedotan air yang sangat cocok digunakan pada daerah yang mengalami krisis air bersih. Produk ini dibuat oleh Vestergaard Frandsen sebagai hasil dari penelitian selama puluhan tahun oleh para peneliti air yang dilakukan di negara-negara berkembang.

Lifestraw menghilangkan 99,9999% bakteri yang menular melalui air, 99,99% virus, dan 99,9% parasit. LifeStraw Personal membunuh 99,9999% bakteri air dan 98,5% virus. Lifestraw pribadi (personal) filter yang mampu menyedot minimum 700 liter air ini bisa digunakan selama satu tahun untuk satu orang tanpa perawatan yang berarti.

Kadang solusi inovatif terbesar datang dari sesuatu yang sangat sederhana. Inovasi-inovasi yang diberikan oleh LifeStraw sangat mengesankan sehingga disebut sebagai salah satu temuan terbesar di 2005 oleh Time Magazine dan memenangkan Index Award untuk inovasi di bidang desain yang akan secara signifikan memperbaiki hidup manusia. Jika produk ini diberikan kepada setiap orang di seluruh dunia maka akan langsung menyelamatkan puluhan juta orang di dunia.

Alat ini hanya berdiameter 30 mm dengan panjang 31 cm dengan harga $ 3,00. Prinsip kerja sedotan ini adalah Air yang disedot melalui sedotan, pertama-tama melewati sebuah mata yg terdiri atas 100 lubang mikrometer , kemudian melalui mata yg terdiri atas dari 15 lubang mikrometer. Air kemudian melewati sebuah ruangan dengan manik-manik berlapis iodin, membunuh bakteri yang tersisa. Air melewati sebuah ruang kosong, lalu akhirnya melewati karbon aktif, menghilangkan rasa iodida dan bakteri berukuran menengah. Seluruh proses diaktifkan oleh kekuatan sedotan mulut, mirip dengan menggunakan sedotan minum biasa, dan menyaring hingga 700 liter air.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s