Tautan Emosi dan Pikiranku

Hakikat Cinta

Cinta adalah sesuatu yang sangat sulit di definisikan. Begitu luasnya arti cinta sehingga setiap orang mempunyai jawaban sendiri-sendiri tentang definisi cinta. Banyak orang yang tidak mengerti apa itu cinta. Banyak juga orang yang hanya bisa merasakan kehadiran cinta tapi tak bisa menggambarkannya. Cinta adalah sesuatu yang universal. Seseorang dipersilahkan memiliki sendiri tentang arti dari cinta.

Menurut saya sendiri, cinta itu sesuatu yang ada dalam diri kita saat kita merasa membutuhkan dia. Cinta bisa datang dan juga bisa berlalu tanpa permisi. Cinta adalah perasaan rindu jika lama tak bertemu dan merasa sayang jika obyek dari cinta itu menjauh.

Cinta adalah perasaan meletup-letup dalam jiwa yang kadang berhenti, namun kadang bergejolak tanpa bisa kita kendalikan. Cinta sangat berenergi hingga ketika sampai puncaknya akan menguasai seluruh tubuh ini dengan kadar emosi yang tak bisa dibendung. Cinta bisa membuat diri menjadi sangat kuat sehingga mampu merobohkan tembok tebal keangkuhan.

Cinta itu layaknya iman, kadang naik kadang turun, bahkan cinta sejati sekalipun. Cinta adalah kekuatan bagi jiwa-jiwa yang lemah. Cinta itu seperti pohon rindang berbuah lebat yang bisa memberi manfaat bagi makhluk disekelilingnya. Cinta itu menyejukkan dan mendamaikan.

Cinta tak membutuhkan rasa kasihan. Cinta adalah ketulusan tanpa meminta pengembalian. Cinta itu suci, sesuci cawan dari surga. Cinta adalah bahasa hati yang disampaikan melalui tingkah laku dan budi pekerti.

Cinta adalah kelemah lembutan. Cinta mempunyai struktur yang halus, tak dapat diraba namun bisa dirasakan dengan hati. Cinta adalah kemanjaan yang selalu membutuhkan perawatan.

Begitu banyaknya definisi cinta hingga aku tak sanggup menguraikan semuanya. Mungkin jika langit dan bumi diisi dengan kata-kata yang mendefinisikan arti cinta, tak akan muat dan tak akan sanggup menampungnya. Cinta adalah ruh suci yang dipancarkan dari nur Illahi. Cinta adalah pengembara yang hinggap dari satu raga ke raga lainnya. Cinta itu seperti cahaya, sanggup menelusup kedalam ruang dan waktu.

Cinta adalah kejujuran tanpa paksaan. Cinta memberikan sandaran bagi jiwa-jiwa kesepian. Cinta adalah pengampunan bagi jiwa-jiwa yang berdosa. Cinta adalah pemaaf bagi raga yang bersalah. Cinta tak pernah pilih kasih. Cinta selalu melihat sisi lain dari dunia, tanpa memihak, tanpa memilih, tanpa membeda-bedakan. Cinta bisa hadir kepada setiap individu.

Cinta adalah penyeimbang bagi jiwa yang gelisah. Cinta laksana cambuk dan tali kekang alami yang bisa menghentikan nafsu liar tak terarah. Cinta bukan ilusi. Cinta adalah nilai hakiki dari adanya ruh dalam diri manusia.

Advertisements

4 responses

  1. Cinta adalah penyeimbang bagi jiwa yang gelisah. Cinta laksana cambuk dan tali kekang alami yang bisa menghentikan nafsu liar tak terarah. Cinta bukan ilusi. Cinta adalah nilai hakiki dari adanya ruh dalam diri manusia.

    saya suka banget kata” ending ini…

    makasih banyak,,,

    salam hangat…

    June 21, 2010 at 7:16 pm

  2. Fiz

    Baca paragraf dua jadi ingat syair punya Corr bersaudara The Corrs, “Woman, they will come and they will go…” tapi yang ini tentang wanita ding, bukan tentang cinta 🙂

    June 25, 2010 at 1:38 am

  3. @camera, makasih telah berkunjung, salam hangat jg

    @Fiz, kalo yg paragraf dua ini tentang cinta pada wanita dan kampung halaman 🙂

    June 25, 2010 at 4:32 am

  4. salam kenal…blognya keren .. artikelnya jugga..

    di tunggu kunjungan baliknya…

    thanks…

    June 27, 2010 at 2:01 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s