Tautan Emosi dan Pikiranku

Sugesti : Linux Itu Mudah

Biasanya yang dianggap sulit dari sebuah sistem operasi adalah bagaimana memperkenalkan hadware kepada sistem yang baru terinstal. Ada hal-hal yang membuat hadware itu tidak dikenal dengan baik oleh sistem operasi. Dan akhirnya butuh pengorbanan waktu dan tenaga untuk mendapatkan software (driver) agar hadware bisa berjalan dengan baik. Apalagi jika hadware itu berjalan di linux yang terkenal sulit itu.

Kemarin saya kebetulan mencoba sistem linux. Saya pilih ubuntu 10.04 the lucid lynx. Saya instal di pc AMD athlon. Sengaja tidak saya hilangkan windows xp yang sudah terinstal. Setelah 30 menit berlalu, instalasi selesai. Saya restart komputer dan hasilnya, waw… benar-benar membuat saya takjub. Saya bergumam, “hmmm… sudah sedemikian majunya linux”. Ternyata saya tidak lagi capek dan berdarah seperti beberapa taun lalu saat saya berkenalan dengan linux. Soud card langsung dikenal. VGA ? tidak perlu tanya lagi. Tinggal klik system > administration> hardware drivers, semua langsung terdeteksi. Beberapa menit kemudian driver sudah terisntal dengan baik. Oya, linux ubuntu yang saya pake ini langsung tersambung ke internet dengan sistem DHCP, ini yang paling penting.

Jadi jika ada yang bilang linux itu susah, bisa benar bisa salah. Kalau menurut saya tergantung keberuntungan dan seberapa siap perangkat keras kita terhadap perkembangan linux itu sendiri. Saya sendiri memberikan sugesti pada diri sendiri; linux itu mudah. Walaupun ada beberapa software yang memang tidak mudah di instal dan harus berdarah-darah untuk mendapatkannya tapi saya enjoy, saya menikmatinya, aneh memang. Mungkin itulah kelebihan linux. Menurut saya linux adalah moralitas, ilmu, kesenangan dan kesempatan eksplorasi dunia.. itulah kenapa saya suka linux.

Leave a Reply

