Tautan Emosi dan Pikiranku

Saya Akan Tetap Menulis

Menulis bagi saya adalah panggilan jiwa. Bagi saya menulis ibarat nafas kehidupan. Ada energi yang muncul ketika saya menulis. Kalau tulisan saya jelek dan dibaca orang maka saya belajar berbesar hati. Jika tulisan saya bagus dan orang memuji maka saya belajar rendah hati.

Dulu, diawal-awal saya belajar menulis saya selalu berkeinginan bisa menulis dengan bagus. Bagaimana jika tulisan saya jelek? bagaimana jika tulisan saya tidak dihargai orang? bagaimana jika begini? bagaimana jika begitu ? akhirnya saya tidak pernah menulis sedikitpun. Saya tidak pernah tahu apakah tulisan saya bagus atau tidak.

Dalam dunia menulis, saya mempunyai ‘seorang guru’. Dia memberikan satu tips jitu yang pada akhirnya menjadikan pekerjaan menulis menjadi mudah. “Tulis saja apa yang kamu lakukan dari mulai bangun tidur sampai menjelang tidur. Jika sudah berjalan 3 atau 6 bulan, baca kembali tulisanmu. Jika kamu mentertawakan tulisanmu, itu berarti kamu sudah bisa menulis.”

Setelah 3 bulan saya baca buku harian kembali. Dan benar, saya tertawa sendiri melihat tulisan saya. Bukan karena tulisan saya bagus tapi karena saya tahu betapa jeleknya tulisan saya. Dari situlah saya mulai belajar dan mengerti bagaimana menulis yang baik. Tapi walaupun begitu, menulis tetap membutuhkan latihan dan tentu saja terus menulis, bagus ataupun tidak. Toh kadang kita juga bisa benafas tersengal-sengal atau sesak nafas ditempat-tempat tertentu. Seperti itu juga menulis.

Jadi kapan anda mulai menulis ?

Saya ? menulis adalah panggilan jiwa. Saya akan tetap menulis sampai jari-jari ini lemah tak berdaya. Sampai isi kepalaku ini tak bisa lagi mengingat tentang jajaran huruf-huruf. Sampai nafas ini tak lagi bisa mengikuti ritme denyut nadi. Saya akan tetap menulis!

Leave a Reply

