Tautan Emosi dan Pikiranku

Fotografi

Bunga Warna Ungu

Lokasi : Puncak, Jawa Barat

Flickr

Foto bunga pertama saya. Saya tidak tahu nama bunga ini, jadi saya beri nama “bunga ungu”.

Bunga ini tumbuh disebelah selatan masjid Atta’awun Puncak, Bogor diaantara hamparan kebun teh. Warna ungunya yang cerah ternyata bisa ditangkap sensor kamera saya dengan baik. Saya puas dengan hasilnya. Kira-kira sudah layak kah menjadi wallpaper? kalau layak, monggo diambil dari halaman flickr saya.


Gelang Alit

Gelang Alit

Panasonic Lumix DMC-FH3

“Bertahun tahun kita lalui, menjalin cinta yang suci
Manisnya janji-janji tumbuh indah ditaman hati …
Laut ketapang airnya biru, pinggir kota banyuwangi
Siang malam kurindu hati resah setiap hari
Merana kumerana, setelah kita berpisah
Tak mungkin kan berjumpa,
Krena kau tlah berdua sayang …
Biarlah semua ini terjadi, satu pintaku kasih
Gelang alit di jari jangan pernah lupa sampai mati…

Itu adalah sepenggal syair lagu Gelang Alit. Saya baru tau kalau arti “gelang alit” adalah cincin. lagu yang dipopulerkan artis favorit saya, Ike Nurjanah. padahal saya sudah lama sering mendengarkan lagu ini. memang lagu ini paling enak didengarkan sambil santai dan rileks. Liriknya mendayu dan dipadukan dengan kendang kemplung membuat lagu ini tersamar lirih dengan alunan nada yang melenakan, membuat siapapun yang mendengarkan tidak terlalu memikirkan tentang arti kata-kata didalamnya.

Makasih buat model gelang alit ini yang rela jari manisnya saya jepret dg kamera mungil saya.


Belajar Memotret Matahari

Matahari sore | Panasonic Lumix FH3

Ternyata tidak gampang memotret matahari. Warna yang sangat terang membuat lensa kamera saya sedikit kerepotan menangkap cahaya dengan porsi yang sesuai keinginan. Akhirnya saya coba menggunakan tiang-tiang rumah untuk mengurangi cahaya yang datang menyerbu sensor pada lensa, dan saya puas dengan hasilnya. Lumayan untuk ukuran kamera saku, he he..


Tunas Baru

Tunas Baru

Panasonic lumix FH3

Eksperimen pertama foto makro saya menggunakan kamera Panasonix Lumix FH3. Ternyata hasilnya lumayan memuaskan untuk ukuran kamera saku. Cukup untuk mengawali hobi saya dalam dunia fotografi.


Ilmu Fotografi: Memotret Bulan

bulan purnama/galih satria

Biar tidak lupa, saya pingin kapan-kapan motret bulan purnama di depan rumah di kampung. Disana jika bulan purnama muncul sangat indah pas sehabis shalat maghrib. Ini dia ilmunya. Sumber dari galihsatria.com

kata kang galih syaratnya:
1. Harus dan wajib pakai tripod
2. Cuaca harus cerah nggak ada awan yang menutupi
3. Bulan sedang purnama sempurna
4. Posisi zoom kamera ada di posisi paling panjang/jauh (135mm ekuivalen kalo nggak salah S5-IS
5. Biar cahayanya nggak putih, pakai white balance cloudy atau shading
6. Buka diafragma di sekitar F/16 (atau yang paling sempit S5-IS bisa)
7. Set metering di Spot
8. Bikin underexposed sekitar dua sampai tiga stop (-3EV), atau sampai pendarnya berkurang dan tekstur bulannya terlihat, tapi tidak terlalu gelap. Coba2 aja.
9. Di potoshop, pakai filter unsharp mask buat menegaskan lingkarannya bulan.

thank’s mas galih